Jumat, 24 April 2009

Boneka Horta


Lihat, deh boneka-boneka di samping ! Lucu, kan ? (kalo ada yang bilang gak lucu gak usah sewot). Boneka-boneka di samping ini namanya boneka horta. Boneka ini merupakan hasil kreasi beberapa mahasiswa di jurusan hortikultura, Institus Pertanian Bogor. Makanya diberi nama Horta. Horta kependekan dari hortikultura.
Menurut para mahasiswa yang berkreasi membuat boneka Horta, boneka ini dibuat dari serbuk kayu halus sisa gergajian. serbuk itu dimasukkan ke dalam kain stocking tipis. Lalu dibentuk menjadi aneka macam bentuk. Seperti panda, kura-kura, platipus, sapi, kodok, babi, kepala, dan badut. Di bagian kepala atau bagian atas boneka diberi sedikit sekam bakar dan benih rumput. Nah, benih itulah yang kelak akan menjadi rambut rumput.
Tentu saja, rambut rumput itu tidak bisa tumbuh begitu saja. Boneka ini memang harus dipelihara, sama seperti kita dalam memelihara tanaman.
Pertama, buka dulu kemasan plastiknya. Setelah itu, rendam dalam air selama 1 jam. Nah, pada saat merendam, bonekanya harus dalam posisi terbalik.
Kalau sudah, angkat dan taruhlah boneka dalam wadah atau beri alas. Selama seminggu pertama, usahakan boneka ditaruh di tempat yang teduh. Jangan lupa menyiramnya setiap hari, yo!
Seminggu kemudian rambut rumput boneka horta akan mulai tumbuh. Nah, kalau sudah begini letakkan boneka di tempat yang terkena sinar matahari. Semakin hari rumputnya makin tinggi.

2 komentar:

  1. rhyetuyteuh www.abing.co.cc

    BalasHapus
  2. wah lucu git. klo mau di mana ya dapetnya? trika

    BalasHapus